Kamis, 19 Februari 2015

PREDIKSI KISI-KISI UN BIOLOGI 2015




Kompetensi
Indikator
Kelas/
smst
Materi Uji
Pengembangan Indikator Soal
Kata Kunci
Prediksi Indikator soal spesifik
No. Soal
Memahami hakekat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah
Menjelaskan objek dan permasalahan biologi (1)
X/1
Objek permasalahan biologi, keilmuan biologi, tingkat organisasi keilmuan biologi, metoda ilmiah
Disajikan suatu permasalahan/kasus dari objek biologi, siswa dapat memprediksi ilmu biologi yang dapat mengatasi dan tingkat organisasinya



Objek-permasalahan biologi,  berbagai keilmuan biologi (cabang ilmu biologi-bioteknologi) tingkat organisasi keilmuan biologi



Disajikan suatu kasus/permasalahan  biologi tertentu, siswa dapat memprediksi keilmuan biologi yang dapat mengatasinya


1
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Menjelaskan peran virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia (2)
X/1
Peran virus/bakteri bagi kehidupan


Siswa dapat menentukan organisme yang diserang oleh virus/bakteri tertentu
Nama penyakit, jenis virus/bakteri, organism/organ yang diserang
Siswa dapat menentukan nama penyakit, jenis virus/bakteri, dan organisme/organ yang diserang
2

Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga)  (3)

X/1
Ciri-ciri jamur







Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri jamur





Ciri-ciri kelompok /jenis jamur (Zygomycota, ascomycota, basidiomycota, deuteromycora)

Disajikan ciri-ciri/gambar jamur, siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok jamur tertentu

3

Menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup (4)
X/2
Dasar pengelompokan makhluk hidup  (pencandraan: persamaan ciri-ciri pada tingkat kingdom sampai  spesies)
Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan  organisme tertentu

Dasar pengelompokkan organisme di tingkat kingdom sampai spesies
Disajikan berbagai nama/gambar hewan/tumbuhan, Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan/tumbuhan pada tingkatan takson  tertentu
4

Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu (5)
X/2
Usaha-usaha pelestarian SDA tertentu (flora-fauna, sumber energy, tanah, air, udara)
Siswa dapat menjelaskan usaha yang tepat  pelestarian   SDA tertentu
Usaha  pelestarian SDA: Flora, fauna, tanah, air, udara. Ex-situ, In-situ. Perlindungan hewan-tumbuhan: Taman nasional, suaka margasatwa.
Siswa dapat menjelaskan usaha yang tepat melestarikan SDA tertentu di suatu tempat
5

Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan (6)
X/2
Ciri-ciri dan jenis-jenis tumbuhan Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta (divisi, subdivisi, kelas, family)
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan tertentu
Ciri kelompok tumbuhan pada tkt. divisi, sub divisi, kelas (Bryophyta, Pteridophyta, spermatophyta)
DIsajikan ciri-ciri/gambar jenis/kelompok tumbuhan, Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan tertentu
6

Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrate (7)
X/2
Perkembangbiakan invertebrate : seksual-aseksual/daur hidup (coelenterata, platyhelminthes, nematelminthes, cestoda)
Siswa dapat mengidentifikasi ciri  reproduksi invertebrate kelompok tertentu

Perkembangbiakan anggota/kelompok invertebrata (obelia, Fasiola hepatica, Taenia sp)
Disajikan ciri-ciri reproduksi invertebrata, siswa  dapat mengidentifikasi cirri-ciri reproduksi kelompok tertentu
7

Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata (8)
X/2
Ciri-ciri Chordata, vertebrata, Osteichtyes, Chondroichtyes, amphibia, reptilia, aves, mammalian (filum sampai ordo)
Siswa dapat menentukan persamaan ciri anggota kelompok vertebrata tertentu
Ciri-ciri yang sama  anggota kelompok vertebrata (kelas, ordo)
Siswa dapat menentukan persamaan ciri beberapa anggota vertebrata dari kelompok tertentu
8
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energy serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem
Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliranenergi dalam suatu ekosistem (9)
X/2
Hubungan antar komponen ekosistem dan aliran energi
Menganalisis hubungan peran salah satu komponen biologi dalam ekosistem
Hubungan antar komponen dan aliran energy dalam jarring-jaring makanan (peran,kedudukan: tingkat tropic)
Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem, siswa dapat menganalisis hubungan peran salah satu komponen biologinya
9

Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia (10)
X/2
Proses, alur daur biogeokimia C, O, H20, S, P, N
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia tertentu
Proses daur biogeokimia N,S,C, O, P,H2O
Disajikan daur/diagram biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang ditunjuk
10

Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan (11)
X/2
Keterkaitan  antara kegiatan manusia dengan perubahan lingkungan (perubahan fungsi ekosistem, penggundulan hutan, eutrofikasi, global warming, efek rumah kaca, dll)
Siswa dapat memprediksi dampak yang terjadi akibat pencemaran/aktivitas manusia terhadap komponen biologi tertentu
Dampak akibat pencemaran dan aktivitaas mansia terhadap lingkungan
Siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran/perubahan lingkungan terhadap komponen biologi tertentu
11
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan
Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel (12)
XI/1
Struktur  sel  (membran sel, protoplasma) dan proses yang terjadi pada sel (osmosis, plasmolisis, krenasi, difusi)
Mengidentifikasi struktur/komponen kimia membrane sel





Struktur/komponen kimia membrane sel




Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi struktur/komponen  kimia membrane sel


12

Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan (13)
XI/1
Fungsi organel sel tumbuhan dan hewan
Siswa dapat menjelaskan fungsi organel sel yang ditentukan


Organel sel hewan-tumbuhan dan fungsinya
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan fungsi organel sel hewan/tumbuhan tertentu
13

Menjelaskan sifat, ciri-ciri, dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan (14)
XI/1
Macam-macam jaringan,  ciri-ciri, dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan


Menentukan jenis jaringan tumbuhan/hewan  sesuai dengan ciri-ciri dan fungsinya

Jenis jaringan, Ciri-ciri jaringan dan fungsinya tumbuhan


Menentukan jenis jaringan tumbuhan sesuai dengan ciri-ciri dan fungsinya berdasarkan tabel

14
Menjelaskan struktur  dan fungsi system organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada system gerak pada manusia (15)
XI/1
Mekanisme gerak otot antagonis-sinergis (fleksor-ekstensor, pronator-supinator, abduksi-aduksi, dll)
Siswa dapat menjelaskan mekanisme gerak otot
Mekanisme gerak otot sinergis-antagonis (abduksi-aduksi, pronator-supinator, dll)
Disajikan gambar otot yang bekerja , siswa dapat menjelaskan mekanisme gerakan yang terjadi


15

Menjelaskan system peredaran darah pada manusia dan gangguannya (16)
XI/1
Penyakit dan gangguan system peredaran darah
Siswa dapat menjelaskan penyakit/gangguan pada system peredaran darah
Penyakit/gangguan system peredaran darah
Siswa dapat menentukan nama penyakit dari cirri-ciri yang ditunjukkan pasien dari system peredaran darah
16

Menjelaskan system pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya (17)
XI/2
Alat-alat  - kelenjar pencernaan dan proses nya







Siswa dapatmMenentukan peran pencernaan secara kimiawi




Organ, proses pencernaan makanan secara kimiawi (enzim-enzim)


Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan kimiawi yang terjadi
17

Menjelaskan system pernapasan pada manusia dan gangguannya (18)
XI/2
Mekanisme pernafasan internal/eksternal



Siswa dapat menjelaskan mekanisme pernafasan internal/eksternal pada manusia

Mekanisme bernafas internal/eksternal manusia

Siswa dapat menjelaskan mekanisme pernafasan internal/eksternal


18

Menjelaskan system ekskresi pada manusia dan gangguannya (19)
XI/2
Proses ekskresi melalui ginjal





Siswa menentukan proses yang terjadi pada ginjal

Proses filtrasi, reabsorbsi, dan augmentasi


Siswa dapat menentukan proses yang terjadi pada ginjal sesuai gambar yang ditunjuk

19

Menjelaskan system regulasi (saraf, endokrin, dan pengindraan) pada manusia (20)
XI/2
Fungsi  kerja indera
Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja bagian indera tertentu
Mekanisme kerja indera mata, telinga, hidung
Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja bagian intera mata/telinga/hidung tertentu
20

Menjelaskan system reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin (21)
XI/2
System reproduksi laki-laki-wanita
Siswa dapat menjelaskan proses reproduksi pada bagian yang ditentukan
Organ reproduksi manusia dan fungsinya,
Siswa dapat menjelaskan proses reproduksi sesuai gambar yang ditentukan
21

Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh (22)
XI/2
Mekanisme kerja antibodi
Siswa dapat menjelaskan  fungsi kerja  antibodi
Mekanisme kerja antibody
Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja antibody pada kejadian tertentu
22
Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (23)
XII/1
Percobaan pertumbuhan dipengaruhi berbagai factor luar:  variabel, hipotesis, intepretasi data, simpulan
Siswa dapat menentukan variable dalam suatu rancangan percobaan pengaruh factor luar pertumbuhan tumbuhan
Variabel-variabel percobaan (bebas/manipulasi, terikat, control)
Disajikan rancangan percobaan pengaruh factor luar pertumbuhan tumbuhan, siswa dapat menentukan variable percobaannya.
23
Mendeskripsikan proses metabolism karbohidrat dan kemosintesis
Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari factor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim (24)
XII/1
Ciri-ciri, factor-faktor yang mempengaruhi, cara kerja enzim
Siswa dapat menjelaskan factor yang mempengaruhi kerja enzim tertentu
Membaca grafik Factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim (suhu, pH, konsentrasi substrat, energy aktivasi)
Disajikan grafik/skema kerja enzim siswa dapat menjelaskan factor yang mempengaruhi kerja enzim
24

Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat (25)
XII/1
Proses katabolisme karbohidrat (glikolisis, dekarboksilasi, siklus krebs, transport electron)
Siswa dapat menentukan proses katabolisme karbohidrat

Proses katabolisme karbohidrat
Siswa dapat menentukan  proses katabolisme dari deskripsi proses metabolisme yang disajikan
25

Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob (26)
XII/1
Tahapan reaksi respirasi aerob (glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transport electron)
Siswa dapat menentukan tahap reaksi respirasi aerob
Proses setiap tahapan respirasi aerob
Disajikan deskripsi respirasi aerob, siswa dapat menentukan tahapan reaksi yang terjadi
26

Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan (27)
XII/1
Reaksi, proses fotosintesa (reaksi terang, reaksi gelap)
Siswa dapat menentukan proses tahapan reaksi fotosintesa
Tahapan proses fotosintesis di kloroplas. Reaksi terang (fotoposforilasi, fotolisis, fotosistemATP, NADPH), reaksi gelap (fiksasi CO2, tahapan perubahan, akseptor electron, hasil)
Disajikan gambar kloroplas, siswa dapat menentukan proses yang terjadi pada bagian yang ditentukan
27

Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob (28)
XII/1
Proses, hasil respirasi anaerob
Siswa dapat menjelaskan enegi hasil respirasi anaerob lebih sedikit daripada respirasi aerob
Proses dan hasil respirasi anaerob energinya lebih sedikit disbanding repirasi aerob

Siswa dapat menjelaskan alas an respirasi anaerob memperoleh lebih sedikit energi dari respirasi aerob
28
Memahami konsep dasaar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi
Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom (29)
XII/1
Struktur, susunan Nukleotida DNA-RNA, fungsinya
Siswa dapat mengidentifikasi struktur/fungsi DNA - RNA
Struktur DNA-RNA, fungsinya
Disajikan gambar/deskripsi polinukleotida DNA-RNA, siswa dapat mengidentifikasi struktur yang ditentukan
29

Menjelaskan proses sintesis protein (30)
XII/1
Proses sintesis protein
Siswa dapat menjelaskan proses/tahap  sintesis protein yang ditentukan
Proses sintesis protein
Disajikan skema/deskripsi, siswa dapat menjelaskan tahapan proses sintesis protein
30

Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis (31)
XII/1
Ciri-ciri , Tahap-tahap mitosis/meiosis





Gametogenesis
Siswa dapat menjelaskan tahapan mitosis/meiosis




Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri pembelahan mitosis/meiosis gametogenesis
Tahap mitosis/meiosis





Deskripsi gametogenesis
Disajikan gambar mitosis/meiosis, siswa dapat menjelaskan salah satu tahapan yang ditentukan


Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perubahan  gametogenesis

31

Mengintepretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel (32)
XII/1
Persilangan menurut hukum Mendel: Monohibrid-Dihibrid
Siswa dapat  mengintepretasi rasio/ hasil persilangan  monohibrida/dihibrida yang dideskripsikan
Persilangan Mendel (monohibrida-dihibrida)
Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi  hasil persilangan yang ditentukan
32

Mengintepretasikan persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel (33)
XII/1
Penyimpangan semu hukum Mendel: atavisme, kriptomeri, polimeri, epistasis-hipostasis
Disajikan  persilangan penyimpangan semu hukum Mendel, siswa dapat mengintepretaikan rasio/fenotip yang dihasilkan dari persilangan
Penyimpangan semu Hk. Mendel (rasio hasil persilangan,jumlah fenotip/genotip tertentu)
Disajikan deskripsi persilangan semu hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
33

Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia (34)
XII/1
Pewarisan cacat/penyakit menurun:  butawarna, hemofili, cacat mental
Siswa dapat menganalisis penurunan hasil perkawinan cacat/penyakit menurun
Pewarisan cacat/penyakit menurun (rasio pewarisan sifat, genotip/fenotip)
Disajikan diagram  cacat/penyakit menurun, siswa dapat menganalisis pewarisan sifat tersebut
34

Menjelaskan peristiwa mutasi (35)
XII/1
Mutagen, Mutasi: kromosom, gen




siswa dapat menentukan jenis mutasi berdasarkan diagram


Mutasi gen-kromosom (transisi-transversi, translokasi, delesi, inverse, dll)
Disajikan diagram  mutasi kromosom, siswa dapat menentukan macam mutasinya


35
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya (36)
XII/2
Teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya: spallanzani, redi, Pasteur, urey, oparin
Siswa dapat menjelaskan  asal-usul kehidupan bedasarkan teori evolusi/percobaan tertentu
Teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya (abiogenesis, biogenesis, evolusi biologi, evolusi kimia)
Siswa dapat menjelskan asal-usul kehidupan berdasarkan teori evolusi tertentu/percobaaan tertentu
36

Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi (37)
XII/2
Prinsip-prinsip dasar/mekanisme terjadinya evolusi di alam
Siswa dapat menjelaskan prinsip/mekanisme terjadinya evolusi di alam
Prinsip dasar evolusi dan pembuktiannya (Darwin, Lamarck, H J Muller, Weisman, HW Wienberg,dll)
Siswa dapat menjelaskan/mekanisme terjadinya evolusi di alam melalui contoh populasi tertehtu
37
Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi (38)
XII/2
Prinsip dasar teknik-teknik bioteknologi
Siswa dapat menentukan prinsip dasar yang digunakan dalam teknik bioteknologi
Prinsip dasar teknik bioteknologi
Siswa dapat menentukan prinsip dasar yang digunakan dalam salah satu teknik bioteknologi
38

Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/modern (39)
XII/2
Contoh-contoh bioteknologi yg bermanfaat dalam bidang kehidupan

Siswa dapat memberikan contoh biotekbologi yang bermanfaat dalam bidang kehidupan tertentu
Contoh-contoh hasil bioteknollogi di berbagai bidang
Siswa dapat memberikan contoh bioteknologi yang bermanfaat di berbagai bidang kehidupan tertentu (pangan, pertanian, kesehatan)
39

Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan (40)
XII/2
Dampak: positif-negatif bioteknologi bagi masyarakat-lingkungan
Siswa dapat menjelaskan dampak negative/positif pemanfaatan bioteknologi
Dampak bioteknologi
Siswa dapat menjelaskan dampak pemanfaatan  bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan
40


Tidak ada komentar:

Posting Komentar