Kompetensi
|
Indikator
|
Kelas/
smst
|
Materi
Uji
|
Pengembangan
Indikator Soal
|
Kata Kunci
|
Prediksi
Indikator soal spesifik
|
No.
Soal
|
Memahami hakekat biologi sebagai ilmu dan
mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah
|
Menjelaskan objek dan permasalahan biologi (1)
|
X/1
|
Objek permasalahan biologi, keilmuan biologi,
tingkat organisasi keilmuan biologi, metoda ilmiah
|
Disajikan suatu permasalahan/kasus
dari objek biologi, siswa dapat memprediksi ilmu biologi yang dapat mengatasi
dan tingkat organisasinya
|
Objek-permasalahan biologi, berbagai keilmuan biologi (cabang ilmu
biologi-bioteknologi) tingkat organisasi keilmuan biologi
|
Disajikan
suatu kasus/permasalahan biologi
tertentu, siswa dapat memprediksi keilmuan biologi yang dapat mengatasinya
|
1
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan
klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya
pelestariannya
|
Menjelaskan peran virus, Archaebacteria dan
Eubacteria bagi kehidupan manusia (2)
|
X/1
|
Peran virus/bakteri bagi kehidupan
|
Siswa dapat menentukan organisme yang
diserang oleh virus/bakteri tertentu
|
Nama penyakit, jenis virus/bakteri, organism/organ
yang diserang
|
Siswa
dapat menentukan nama penyakit, jenis virus/bakteri, dan organisme/organ yang
diserang
|
2
|
|
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan
protista (jamur, protista, protozoa, alga)
(3)
|
X/1
|
Ciri-ciri jamur
|
Siswa dapat mengidentifikasi
cirri-ciri jamur
|
Ciri-ciri kelompok /jenis jamur
(Zygomycota, ascomycota, basidiomycota, deuteromycora)
|
Disajikan
ciri-ciri/gambar jamur, siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok jamur
tertentu
|
3
|
|
Menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup (4)
|
X/2
|
Dasar pengelompokan makhluk hidup (pencandraan: persamaan ciri-ciri pada tingkat
kingdom sampai spesies)
|
Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan organisme tertentu
|
Dasar pengelompokkan organisme di tingkat
kingdom sampai spesies
|
Disajikan
berbagai nama/gambar hewan/tumbuhan, Siswa dapat menentukan dasar
pengelompokkan hewan/tumbuhan pada tingkatan takson tertentu
|
4
|
|
Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam
tertentu (5)
|
X/2
|
Usaha-usaha pelestarian SDA tertentu (flora-fauna,
sumber energy, tanah, air, udara)
|
Siswa dapat menjelaskan usaha yang
tepat pelestarian SDA tertentu
|
Usaha pelestarian SDA: Flora, fauna, tanah, air,
udara. Ex-situ, In-situ. Perlindungan hewan-tumbuhan: Taman nasional, suaka
margasatwa.
|
Siswa
dapat menjelaskan usaha yang tepat melestarikan SDA tertentu di suatu tempat
|
5
|
|
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan (6)
|
X/2
|
Ciri-ciri dan jenis-jenis tumbuhan
Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta (divisi, subdivisi, kelas, family)
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
kelompok tumbuhan tertentu
|
Ciri kelompok tumbuhan pada tkt.
divisi, sub divisi, kelas (Bryophyta, Pteridophyta, spermatophyta)
|
DIsajikan
ciri-ciri/gambar jenis/kelompok tumbuhan, Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok
tumbuhan tertentu
|
6
|
|
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan
hewan invertebrate (7)
|
X/2
|
Perkembangbiakan invertebrate : seksual-aseksual/daur
hidup (coelenterata, platyhelminthes, nematelminthes, cestoda)
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri reproduksi invertebrate kelompok tertentu
|
Perkembangbiakan anggota/kelompok
invertebrata (obelia, Fasiola hepatica,
Taenia sp)
|
Disajikan
ciri-ciri reproduksi invertebrata, siswa
dapat mengidentifikasi cirri-ciri reproduksi kelompok tertentu
|
7
|
|
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata
(8)
|
X/2
|
Ciri-ciri Chordata, vertebrata,
Osteichtyes, Chondroichtyes, amphibia, reptilia, aves, mammalian (filum
sampai ordo)
|
Siswa dapat menentukan persamaan ciri
anggota kelompok vertebrata tertentu
|
Ciri-ciri yang sama anggota kelompok vertebrata (kelas, ordo)
|
Siswa
dapat menentukan persamaan ciri beberapa anggota vertebrata dari kelompok
tertentu
|
8
|
Menganalisis hubungan antara komponen
ekosistem, perubahan materi dan energy serta peran manusia dalam keseimbangan
ekosistem
|
Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliranenergi
dalam suatu ekosistem (9)
|
X/2
|
Hubungan antar komponen ekosistem dan aliran energi
|
Menganalisis hubungan peran salah satu
komponen biologi dalam ekosistem
|
Hubungan antar komponen dan aliran
energy dalam jarring-jaring makanan (peran,kedudukan: tingkat tropic)
|
Disajikan
jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem, siswa dapat menganalisis hubungan
peran salah satu komponen biologinya
|
9
|
|
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur
biogeokimia (10)
|
X/2
|
Proses, alur daur biogeokimia C, O,
H20, S, P, N
|
Menjelaskan proses yang terjadi pada
daur biogeokimia tertentu
|
Proses daur biogeokimia N,S,C, O, P,H2O
|
Disajikan
daur/diagram biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa
yang ditunjuk
|
10
|
|
Menjelaskan keterkaitan antara
kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan (11)
|
X/2
|
Keterkaitan
antara kegiatan manusia dengan perubahan lingkungan (perubahan fungsi
ekosistem, penggundulan hutan, eutrofikasi, global warming, efek rumah kaca,
dll)
|
Siswa dapat memprediksi dampak yang
terjadi akibat pencemaran/aktivitas manusia terhadap komponen biologi
tertentu
|
Dampak akibat pencemaran dan
aktivitaas mansia terhadap lingkungan
|
Siswa
dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran/perubahan
lingkungan terhadap komponen biologi tertentu
|
11
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya
dengan struktur dan fungsi jaringan
|
Menjelaskan struktur sel dan komponen
kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel (12)
|
XI/1
|
Struktur sel (membran sel, protoplasma) dan proses yang
terjadi pada sel (osmosis, plasmolisis, krenasi, difusi)
|
Mengidentifikasi struktur/komponen
kimia membrane sel
|
Struktur/komponen kimia membrane sel
|
Disajikan gambar/pernyataan, siswa
dapat mengidentifikasi struktur/komponen
kimia membrane sel
|
12
|
|
Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan
hewan (13)
|
XI/1
|
Fungsi organel sel tumbuhan dan hewan
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi organel
sel yang ditentukan
|
Organel sel hewan-tumbuhan dan
fungsinya
|
Disajikan
gambar, siswa dapat menjelaskan fungsi organel sel hewan/tumbuhan tertentu
|
13
|
|
Menjelaskan sifat, ciri-ciri, dan
fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan (14)
|
XI/1
|
Macam-macam jaringan, ciri-ciri, dan fungsi jaringan tumbuhan dan
hewan
|
Menentukan jenis jaringan
tumbuhan/hewan sesuai dengan ciri-ciri
dan fungsinya
|
Jenis jaringan, Ciri-ciri jaringan dan
fungsinya tumbuhan
|
Menentukan
jenis jaringan tumbuhan sesuai dengan ciri-ciri dan fungsinya berdasarkan
tabel
|
14
|
Menjelaskan struktur dan fungsi system organ manusia serta
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
|
Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada
system gerak pada manusia (15)
|
XI/1
|
Mekanisme gerak otot
antagonis-sinergis (fleksor-ekstensor, pronator-supinator, abduksi-aduksi,
dll)
|
Siswa dapat menjelaskan mekanisme
gerak otot
|
Mekanisme gerak otot sinergis-antagonis
(abduksi-aduksi, pronator-supinator, dll)
|
Disajikan
gambar otot yang bekerja , siswa dapat menjelaskan mekanisme gerakan yang
terjadi
|
15
|
|
Menjelaskan system peredaran darah pada manusia dan
gangguannya (16)
|
XI/1
|
Penyakit dan gangguan system peredaran
darah
|
Siswa dapat menjelaskan
penyakit/gangguan pada system peredaran darah
|
Penyakit/gangguan system peredaran
darah
|
Siswa dapat menentukan nama penyakit
dari cirri-ciri yang ditunjukkan pasien dari system peredaran darah
|
16
|
|
Menjelaskan system pencernaan makanan pada manusia
dan gangguannya (17)
|
XI/2
|
Alat-alat - kelenjar pencernaan dan proses nya
|
Siswa dapatmMenentukan peran
pencernaan secara kimiawi
|
Organ, proses pencernaan makanan
secara kimiawi (enzim-enzim)
|
Disajikan
deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses
pencernaan kimiawi yang terjadi
|
17
|
|
Menjelaskan system pernapasan pada
manusia dan gangguannya (18)
|
XI/2
|
Mekanisme pernafasan
internal/eksternal
|
Siswa dapat menjelaskan mekanisme
pernafasan internal/eksternal pada manusia
|
Mekanisme bernafas internal/eksternal
manusia
|
Siswa
dapat menjelaskan mekanisme pernafasan internal/eksternal
|
18
|
|
Menjelaskan system ekskresi pada manusia dan
gangguannya (19)
|
XI/2
|
Proses ekskresi melalui ginjal
|
Siswa menentukan proses yang terjadi
pada ginjal
|
Proses filtrasi, reabsorbsi, dan
augmentasi
|
Siswa
dapat menentukan proses yang terjadi pada ginjal sesuai gambar yang ditunjuk
|
19
|
|
Menjelaskan system regulasi (saraf, endokrin, dan
pengindraan) pada manusia (20)
|
XI/2
|
Fungsi kerja indera
|
Siswa dapat menjelaskan mekanisme
kerja bagian indera tertentu
|
Mekanisme kerja indera mata, telinga,
hidung
|
Siswa
dapat menjelaskan mekanisme kerja bagian intera mata/telinga/hidung tertentu
|
20
|
|
Menjelaskan system reproduksi manusia dan proses
pembentukan sel kelamin (21)
|
XI/2
|
System reproduksi laki-laki-wanita
|
Siswa dapat menjelaskan proses
reproduksi pada bagian yang ditentukan
|
Organ reproduksi manusia dan
fungsinya,
|
Siswa dapat menjelaskan proses
reproduksi sesuai gambar yang ditentukan
|
21
|
|
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh (22)
|
XI/2
|
Mekanisme kerja antibodi
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi kerja antibodi
|
Mekanisme kerja antibody
|
Siswa
dapat menjelaskan mekanisme kerja antibody pada kejadian tertentu
|
22
|
Menjelaskan factor-faktor yang
mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan
melalui hasil percobaan atau pengamatan
|
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan (23)
|
XII/1
|
Percobaan pertumbuhan dipengaruhi berbagai
factor luar: variabel, hipotesis,
intepretasi data, simpulan
|
Siswa dapat menentukan variable dalam
suatu rancangan percobaan pengaruh factor luar pertumbuhan tumbuhan
|
Variabel-variabel percobaan
(bebas/manipulasi, terikat, control)
|
Disajikan rancangan percobaan pengaruh
factor luar pertumbuhan tumbuhan, siswa dapat menentukan variable
percobaannya.
|
23
|
Mendeskripsikan proses metabolism karbohidrat dan
kemosintesis
|
Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari
factor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim (24)
|
XII/1
|
Ciri-ciri, factor-faktor yang
mempengaruhi, cara kerja enzim
|
Siswa dapat menjelaskan factor yang
mempengaruhi kerja enzim tertentu
|
Membaca grafik Factor-faktor yang
mempengaruhi kerja enzim (suhu, pH, konsentrasi substrat, energy aktivasi)
|
Disajikan grafik/skema kerja enzim
siswa dapat menjelaskan factor yang mempengaruhi kerja enzim
|
24
|
|
Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat (25)
|
XII/1
|
Proses katabolisme karbohidrat
(glikolisis, dekarboksilasi, siklus krebs, transport electron)
|
Siswa dapat menentukan proses
katabolisme karbohidrat
|
Proses katabolisme karbohidrat
|
Siswa dapat menentukan proses katabolisme dari deskripsi proses
metabolisme yang disajikan
|
25
|
|
Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada
proses respirasi aerob (26)
|
XII/1
|
Tahapan reaksi respirasi aerob
(glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transport electron)
|
Siswa dapat menentukan tahap reaksi
respirasi aerob
|
Proses setiap tahapan respirasi aerob
|
Disajikan deskripsi respirasi aerob,
siswa dapat menentukan tahapan reaksi yang terjadi
|
26
|
|
Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis)
pada tumbuhan (27)
|
XII/1
|
Reaksi, proses fotosintesa (reaksi
terang, reaksi gelap)
|
Siswa dapat menentukan proses tahapan
reaksi fotosintesa
|
Tahapan proses fotosintesis di
kloroplas. Reaksi terang (fotoposforilasi, fotolisis, fotosistemATP, NADPH),
reaksi gelap (fiksasi CO2, tahapan perubahan, akseptor electron, hasil)
|
Disajikan
gambar kloroplas, siswa dapat menentukan proses yang terjadi pada bagian yang
ditentukan
|
27
|
|
Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob
(28)
|
XII/1
|
Proses, hasil respirasi anaerob
|
Siswa dapat menjelaskan enegi hasil
respirasi anaerob lebih sedikit daripada respirasi aerob
|
Proses dan hasil respirasi anaerob
energinya lebih sedikit disbanding repirasi aerob
|
Siswa
dapat menjelaskan alas an respirasi anaerob memperoleh lebih sedikit energi
dari respirasi aerob
|
28
|
Memahami konsep dasaar hereditas,
reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi
|
Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau
kromosom (29)
|
XII/1
|
Struktur, susunan Nukleotida DNA-RNA,
fungsinya
|
Siswa dapat mengidentifikasi
struktur/fungsi DNA - RNA
|
Struktur DNA-RNA, fungsinya
|
Disajikan
gambar/deskripsi polinukleotida DNA-RNA, siswa dapat mengidentifikasi struktur
yang ditentukan
|
29
|
|
Menjelaskan proses sintesis protein (30)
|
XII/1
|
Proses sintesis protein
|
Siswa dapat menjelaskan
proses/tahap sintesis protein yang
ditentukan
|
Proses sintesis protein
|
Disajikan
skema/deskripsi, siswa dapat menjelaskan tahapan proses sintesis protein
|
30
|
|
Menjelaskan tahap-tahap pembelahan
mitosis/meiosis/gametogenesis (31)
|
XII/1
|
Ciri-ciri , Tahap-tahap
mitosis/meiosis
Gametogenesis
|
Siswa dapat menjelaskan tahapan
mitosis/meiosis
Siswa dapat mengidentifikasi
cirri-ciri pembelahan mitosis/meiosis gametogenesis
|
Tahap mitosis/meiosis
Deskripsi gametogenesis
|
Disajikan gambar mitosis/meiosis,
siswa dapat menjelaskan salah satu tahapan yang ditentukan
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
perubahan gametogenesis
|
31
|
|
Mengintepretasikan persilangan berdasarkan hukum
Mendel (32)
|
XII/1
|
Persilangan menurut hukum Mendel:
Monohibrid-Dihibrid
|
Siswa dapat mengintepretasi rasio/ hasil
persilangan monohibrida/dihibrida yang
dideskripsikan
|
Persilangan Mendel
(monohibrida-dihibrida)
|
Disajikan deskripsi persilangan
monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
|
32
|
|
Mengintepretasikan persilangan pada penyimpangan
semu hukum Mendel (33)
|
XII/1
|
Penyimpangan semu hukum Mendel:
atavisme, kriptomeri, polimeri, epistasis-hipostasis
|
Disajikan persilangan penyimpangan semu hukum Mendel,
siswa dapat mengintepretaikan rasio/fenotip yang dihasilkan dari persilangan
|
Penyimpangan semu Hk. Mendel (rasio
hasil persilangan,jumlah fenotip/genotip tertentu)
|
Disajikan deskripsi persilangan semu
hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
|
33
|
|
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun
pada manusia (34)
|
XII/1
|
Pewarisan cacat/penyakit menurun: butawarna, hemofili, cacat mental
|
Siswa dapat menganalisis penurunan
hasil perkawinan cacat/penyakit menurun
|
Pewarisan cacat/penyakit menurun
(rasio pewarisan sifat, genotip/fenotip)
|
Disajikan diagram cacat/penyakit menurun, siswa dapat menganalisis
pewarisan sifat tersebut
|
34
|
|
Menjelaskan peristiwa mutasi (35)
|
XII/1
|
Mutagen, Mutasi: kromosom, gen
|
siswa dapat menentukan jenis mutasi
berdasarkan diagram
|
Mutasi gen-kromosom
(transisi-transversi, translokasi, delesi, inverse, dll)
|
Disajikan diagram mutasi kromosom, siswa dapat menentukan macam
mutasinya
|
35
|
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada
perkembangan sains
|
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan
pembuktiannya (36)
|
XII/2
|
Teori asal-usul kehidupan dan
pembuktiannya: spallanzani, redi, Pasteur, urey, oparin
|
Siswa dapat menjelaskan asal-usul kehidupan bedasarkan teori
evolusi/percobaan tertentu
|
Teori asal-usul kehidupan dan
pembuktiannya (abiogenesis, biogenesis, evolusi biologi, evolusi kimia)
|
Siswa dapat menjelskan asal-usul
kehidupan berdasarkan teori evolusi tertentu/percobaaan tertentu
|
36
|
|
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi
(37)
|
XII/2
|
Prinsip-prinsip dasar/mekanisme
terjadinya evolusi di alam
|
Siswa dapat menjelaskan prinsip/mekanisme
terjadinya evolusi di alam
|
Prinsip dasar evolusi dan
pembuktiannya (Darwin, Lamarck, H J Muller, Weisman, HW Wienberg,dll)
|
Siswa dapat menjelaskan/mekanisme
terjadinya evolusi di alam melalui contoh populasi tertehtu
|
37
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi
bioteknologi
|
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi (38)
|
XII/2
|
Prinsip dasar teknik-teknik
bioteknologi
|
Siswa dapat menentukan prinsip dasar
yang digunakan dalam teknik bioteknologi
|
Prinsip dasar teknik bioteknologi
|
Siswa dapat menentukan prinsip dasar
yang digunakan dalam salah satu teknik bioteknologi
|
38
|
|
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi
konvensional/modern (39)
|
XII/2
|
Contoh-contoh bioteknologi yg
bermanfaat dalam bidang kehidupan
|
Siswa dapat memberikan contoh
biotekbologi yang bermanfaat dalam bidang kehidupan tertentu
|
Contoh-contoh hasil bioteknollogi di
berbagai bidang
|
Siswa dapat memberikan contoh
bioteknologi yang bermanfaat di berbagai bidang kehidupan tertentu (pangan,
pertanian, kesehatan)
|
39
|
|
Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi
masyarakat dan lingkungan (40)
|
XII/2
|
Dampak: positif-negatif bioteknologi
bagi masyarakat-lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan dampak negative/positif
pemanfaatan bioteknologi
|
Dampak bioteknologi
|
Siswa dapat menjelaskan dampak pemanfaatan
bioteknologi tertentu bagi masyarakat
dan lingkungan
|
40
|
Kamis, 19 Februari 2015
PREDIKSI KISI-KISI UN BIOLOGI 2015
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar